Tuesday, May 5, 2020

Ramadhan Festival Komunitas Pemuda Akhyar Jombang


Tahun ini benar-benar ada yang hilang selama ramadhan, agenda yang biasanya menjadi moodbooster banget pas akhir ramadhan. Bareng komunitas Pemuda Akhyar Jombang, biasanya aku sudah disibukan dengan perencanaan agenda akbar yang sudah ada sejak tahun 2018 ini.

Ramadhan festival atau biasa disebut ramadhan fest merupakan agenda puncak komunitas Pemuda Akhyar yang sudah ada sejak tahun 2018. Awal diadakan, acara ini bernama ramadhan fair dengan serentetan acaranya. Di tahun awal berdiri itu pula, aku bergabung bersama komunitas ini.

Awalnya, di tahun 2018 saat ramadhan fair, aku bergabung hanya sebatas meliput karena agenda ini masuk dalam liputan untuk majalah di tempatku bekerja. Selepas liputan, beberapa pengurus menawariku untuk mengikuti rentetan kegiatan lainnya pada malam harinya. Jadilah, aku diculik seharian untuk bekerja sekaligus menjadi relawan dadakan agenda tersebut. Meskipun mendadak, namun teman-teman pengurus sangat welcome menerima dan mengajariku banyak hal.

Nah, selepas penculikan tersebut, hehehe, akhirnya aku bergabung secara resmi dengan komunitas Pemuda Akhyar. Di sana aku mulai mengikuti seluk beluk kegiatan seperti kajian rutin sampai acara baksos. Enggak terasa, satu tahun berlangsung cepat, aku berproses di komunitas Pemuda Akhyar dan bergabung di tim media untuk bertanggung jawab atas postingan di media sosial komunitas.

Di tahun 2019, agenda ini berlangsung dengan ide yang lebih segar dan baru. Dua bulan sebelum ramadhan datang, kami mempersiapkan semua agenda satu per satu. Mulai dari pemilihan lokasi hingga perencanaan lainnya. Dua bulan yang sepertinya sangat cepat, hingga ramadhan sudah datang.

Rapat persiapan Ramadhan Fest 2019

Rentetan agenda ramadhan fest 2019 meliputi FAS (Festival Anak Sholih), kajian umum, buka puasa bersama, sholat tarawih berjamaah, itikaf hingga rentetan kajian pemuda dan bincang shalihah, bazar-bazar hingga agenda beauty class bersama Ward*h. Agenda ini berlangsung dua hari penuh dan menguras banyak tenaga pengurus dan relawan.


Sampai pada hari terakhir agenda ramadhan fest 2019, kami semua menutupnya dnegan agenda makan tumpeng bersama sebagai rasa syukur atas kelancaran terselenggaranya acara tersebut. Semua tim bersuka cita sekaligus bermaaf-maafan menuju lebaran. Kami semua menutup acara dengan ucapan hamdallah, alhamdulillah.
Persiapan lokasi Ramadhan Fest 2019

Awal tahun 2020, group WhatsApp pengurus sekaligus relawan Ramadhan Fest 2019 belum juga dibubarkan, hal ini bertujuan untuk memudahkan koordinasi lanjutan untuk Ramadhan Fest 2020. Beberapa pengurus sudah sepakat untuk kembali menyukseskan agenda Ramadhan Fest tahun ini.

Qodarullah, rencana manusia hanya sekedar rencana tanpa ijin dari Allah. Ramadhan Fest 2020 urung dilanjutkan dikarenakan wabah covid-19 yang sedang merebak. Masyarakat diharapkan untuk tetap berada di rumah saja hingga lebaran 1441 H. Agenda Ramadhan Fest 2020 ditiadakan sementara waktu.

FAS (Festival Anak Sholih)

Jujur saja, pasti sedih karena salah satu moodbooster selama ramadhan harus ditiadakan sementara waktu. Yang biasanya di awal ramadhan sudah berpusing ria untuk mencari sponsor acara ataupun mencari peserta FAS, kali ini hanya di rumah saja sambil mengenang kenangan indah Ramadhan Fest 2019.

Bincang Shalihah dan Beaty Class

Di sisi lain, ada yang sedang bersyukur karena aku tidak berkegiatan sama sekali di luar selama ramadhan. Kalian semua pasti tahu, hmmm. Ya benar, ibuku yang sedang berbahagia karena anaknya bisa diam di rumah dan tidak ke mana-mana.

Acara penutupan, makan tumpeng, yeayy :v

Ada sisi positif, pasti ada sisi negatif. Memang aku bersedih karena harus menunda agenda akbar ramadhan ini, tapi sisi baiknya adalah aku semakin dekat dengan ibu. Setiap hari bersama selama 24 jam penuh, banyak sekali sikap ibu yang semakin ke sini semakin aku sadari mirip sekali dengan aku. Oke, besok aku coba cerita yaa, semoga istiqomah :)
Thank u for reading :)

#inspirasiramadhan #dirumahsaja #flpsurabaya #BERSEMADI_HARIKE-5

No comments:

Post a Comment