Sunday, May 3, 2020

Ramadhan #dirumahsaja Versi Aku


            Hari ke sepuluh ramadhan 1441 H, nggak kerasa sudah kurang dua puluh hari lagi saja menuju lebaran. Ramadhan hari ke sepuluh di rumah saja, enggak ke mana-mana. Biasanya, hari ke sepuluh gini jadwal bukber alias buka bersama alumni blaa, blaa, blaa sudah menumpuk, bahkan sampai nolak-nolak atau rescedule. Tahun ini berasa kering banget, nggak ada bukber sama sekali di luar, kecuali bareng keluarga.

Nah, waktu-waktu bosan itu pasti ada, enggak mungkin enggak merasa bosan sama sekali. Efek di rumah saja pastilah ngaruh besar ke orang-orang yang enggak bisa diem di rumah saja, sebut saja diri sendiri, eh. Atau pasti banyak juga teman-teman pembaca yang merasa demikian.

Sedikit tips dari aku yang sok tahu mengatasi rasa bosan selama di rumah saja. Ini bisa aku bilang ampuh banget sih, apalagi selama ramadhan. Biar enggak rebahan saja seharian, kemampuan di bidang dapur juga biar makin bertambah.

Pertama, teman-teman bisa mengalihkan kegiatan selama di rumah saja dengan memasak. Yang berniat ingin segera mengakhiri masa jomblo tahun ini apalagi, pas banget waktu selama di rumah saja untuk mencoba memasak.

Awalnya aku sendiri ragu buat memulai masak sesuatu, sampai pada akhirnya curhat ke ibu seperti ini, “Bu, kulo pengen bisa masak. Tapi mulai dari mana nggeh?

Polos banget sih aku? Iya emang! Enggak ngerti itu dunia perdapuran selain masak mie instan yang super duper instan. Baru di momen lockdown ini, aku memberanikan diri buat belajar memasak.

Namanya belajar, pasti pernah salah dan pernah benar. Pernah mendapat nilai jelek dan juga mendapat nilai bagus. Tergantung usaha masing-masing kita bagaimana.

Tenang guys! Memasak enggak semenyeramkan ujian nasional kok, malah jatuhnya asyik dan seru banget. Teman-teman bisa mulai masak menu sederhana yang bisa nyontek dari Youtube atau aplikasi lainnya. Banyak banget resep di sana yang bisa kita praktikkan sesuai dengan takaran bumbu dan bahan yang tertera. Asal kita patuh pada resep yang ada, insyaAllah berhasil!

Aku pribadi lebih memilih memulai masak dari sesuatu hal yang disukai, misalnya kue. Btw, aku suka banget jajan, jadi pengalihan bikin kue sendiri menjadi alternatif yang lumayan menguntungkan dari segi finansial. Yang biasanya jajan 30 ribu dapat cuma dua jenis kue atau jajanan, dengan masak sendiri, 30 ribu bisa buat kasih cemilan orang satu rumah seharian.

Prosesnya pun mengasyikan, bisa menambah keakraban antar keluarga, apalagi hubungan kakak dan adik yang kebanyakan seperti kucing dan tikus. Momen memasak ini bisa banget mengakrabkan hubungan kalian.

Kedua, yang biasanya aku lakukan ketika di rumah saja biar enggak bosan yaitu dengerin podcast. Awalnya diracunin teman buat dengerin podcast horor, ngeri-ngeri dan nggak begitu tertarik awalnya. Bosan saja, karena hanya mendengarkan suara tanpa visualisasi. Lalu aku coba cari-cari link podcast chanel lain. Sekali lagi iseng saja, coba dengerin tema pendidikan atau seputar pernikahan. Eh, kok seru ya, eh kok asyik ya, eh kok keterusan ya? Hehehe.

Setelahnya, banyak banget saluran podcast yang aku ikuti dan selalu pantengin sambil ngabuburit. Podcast dengan konten positif ampuh banget ngebooster kita buat yang mungkin kurang inspirasi atau sedang membutuhkan motivasi. Yang biasanya mungkin dapat booster dengan curhat langsung ke teman kerja pas jam istirahat, podcast bisa banget jadi pengganti teman curhat ketika lagi jauhan seperti saat ini.

Terakhir, yang bisa dilakukan ketika di rumah saja biar enggak bosan versi aku yaitu menulis. Pernah aku dapat masukan dari salah satu guru menulis, Bunda Sinta Yudisia. Beliau mengatakan bahwa jika ingin fokus pada pencapaian suatu target menulis, beliau memilih untuk menghentikan semua aktifitas rutinnya sementara dan memilih untuk fokus terlebih dahulu pada menulis. Waktu lockdown saat ini bisa jadi momen yang pas banget buat kita fokus menyelesaikan satu target tulisan tanpa perlu menghentikan aktifitas lain.

Yang punya target menulis novel tahun ini, waktunya pas banget ya sekarang ini. Jangan disia-siakan waktu luang ini tanpa hasil apapun guys! Target kalian harus dirampungkan segera, sebelum masa lockdown ini berakhir.

Tiga tips di atas yaitu tips versi aku yaa, apa yang biasanya aku kerjakan dan sudah terbukti ampuh. Siapa tahu, apa yang aku bagikan tadi juga bisa memotivasi teman-teman untuk melakukan hal yang sama ataupun hal-hal positif lainnya. Semoga bermanfaat. Salam Literasi!

#inspirasiramadhan #dirumahsaja #flpsurabaya #BERSEMADI_HARIKE-3

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete