Wednesday, January 25, 2017

Throwback

Hasil gambar si Zombie kelavaran :D

Kejadian hari ini sama persis dengan kejadian sekitar 4 tahun yang lalu, sekiranya saya masih 16 years old. Jaman-jaman masih mudah banget. Dengan jilbab yang masih membuat bentuk wajah saya yang sudah bulat semakin terlihat seperti onde-onde, kaos kaki item polos sedengkul yang sebenarnya kagak ngefek juga (orang roknya panjang), jaman-jaman masih suka main tanpa mikirin ada duit apa kagak, dan yang paling inti adalah jaman-jaman dimana ke alayan masih saya pelihara, wkkwk.

Okay, this is my short story when I was in Vocational High School. I was get a job training in one of famous Radio. That is my best experience ever for about four months on there.

Pendidikan Sistem Ganda (PSG) menjadi kegiatan wajib di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia. Pendidikan sistem ini adalah hasil kerja sama pihak sekolah dengan instansi terkait. Tujuannya adalah untuk mengajarkan siswa mengenai dunia kerja ketika mereka lulus nanti. Supaya ketika lulus nanti, siswa memiliki bekal untuk langsung terjun dalam dunia kerja dengan ilmu dan pengalaman yang sudah matang.

Sewaktu SMK, saya menjalani Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di salah satu Radio di Kediri. Disana saya belajar banyak hal tentang broadcasting sekaligus mempraktekannya. Sejalur dengan jurusan Multimedia yang saya ambil, kegiatan yang saya lakukan kebanyakan terkait dengan IT.

Empat bulan menjalani PSG, membuat pengalaman sekaligus teman bertambah. Pengalaman itu yang benar-benar saya rasakan saat ini. Salah satunya mengenai cara interaksi dengan banyak orang. Selama PSG, saya bertemu dengan banyak orang-orang baru dari berbagai kalangan dan daerah. Interaksi terjadi setiap hari dengan topik yang berbeda-beda. Disinilah saya belajar untuk bersikap dengan baik dengan tipe-tipe orang yang beragam. Karena tidak seharusnya kita mengikuti apa yang lingkungan kita lakukan, namun yang terpenting bagaimana kita membawa diri di lingkungan. Tidak mengubah diri kita sesuai lingkungan, namun tetap menjadi diri sendiri di lingkungan manapun.

Ah iyaa, itu dulu, cerita masa muda saya *eh. Sekarang belum tua-tua amat sih, cuma udah mau semester akhir haha.

Kejadian hari ini membuat pikiran saya melayang jauh mengenang kejadian 4 tahun silam. Kejadian waktu saya masih menjalani PSG di Radio Kediri. Hari ini pun sama, saya menjalani program sejenis, namun dengan nama berbeda. Praktek Kerja Lapangan atau PKL.

Kegiatannya sama persis dengan PSG waktu SMK. Kita sama-sama terjun langsung di lingkungan kerja. Tujuannya pun sama, agar kita benar-benar matang ketika terjun ke dunia kerja lepas lulus nanti.

Para Zombie :d :v

Hari pertama saya PKL dengan empat teman-teman satu kelompok saya berjalan cukup menyenangkan. Dari pagi sampai sore kami hanya disuruh membaca. Iyaa, membaca saja. Membaca ratusan koran lama pun baru untuk mengasah kepekaan kita pada teks-teks berita. Hal ini penting, agar kita bisa membedakan pola menulis sesuai dengan tipe teksnya. Tidak hanya itu, hal ini juga bermanfaat untuk penambahan kosa kata yang masih minim. Bonus pentingnya, ilmu dan pengetahuan menjadi bertambah. Allhamdulilah ...


Throwback ke masa lalu, kegiatan PSG atau PKL sebenarnya membuat saya sedih. Bagaimana tidak, PSG dulu pun dilakukan setahun sebelum kelulusan SMK. PKL kali ini pun tak berbeda, menjelang tahun terakhir kuliah. Itu artinya, saya udah tua, eh!! Haha sebenarnya itu juga benar sih, tapi yang yang saya sedihkan sebenarnya adalah ketika perpisahan dengan sahabat-sahabat seperjuangan di Sastra ’14 sudah didepan mata. Ketika kami benar-benar akan berjalan masing-masing di tempat dan daerah yang berbeda. Dengan komunikasi yang tidak akan sedekat saat ini, tidak akan ada lagi belajar, tertawa, bernyanyi bersama di kelas. Aih, baper deh kalau udah bahas gini, sudah ah sudah.

No comments:

Post a Comment