Sunday, May 15, 2016

Pemuda Jombang Peduli Aleppo


Dunia berduka kembali. Peperangan kembali terjadi, dan kali ini menyerang salah satu kota terbesar di Suriah yakni Aleppo.

“Aleppo merupakan salah satu kota terbesar di suriah dan merupakan pusat indrustri dan keuangan negara. Pada tahun 2012 terjadi perseteruan antara Rezim Suriah dan oposisi mengakibatkan runtutan perang maupun kejahatan kemanusiaan salah satunya : listrik yang dimatikan dan jalan jalan di blokade. Kejadian ini  memuncak pada bulan april 2016 dimana serangan brutal oleh rezim baik dari udara maupun dengan altileri jarak jauh menimpa ratusan anak anak dan masyarakat sipil yang lain sehingga menyebabkan 250 orang meninggal, dan ribuan lainnya luka-luka. Selain itu banyak tenaga medis maupun masyarakat sipil yang terbunuh akibat penghancuran Rumah Sakit Al-Quds, perkantoran maupun pemukiman.” (http://www.bbc.com/indonesia/dunia/2016/05/160504_dunia_suriah_aleppo)

Kali ini pemuda-pemuda jombang yang tergabung dalam organisasi KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia) mengadakan aksi solidaritas kemanusiaan penggalangan dana untuk aleppo pada jum’at,13 mei 2016 di perempatan kebonrojo. Sekitar 30 pemuda yang berasal dari berbagai universitas swasta di jombang ini mengadakan aksi tersebut untuk bisa sedikit membantu saudara-saudara kita yang sedang kesulitan di Aleppo. Tanpa mengganggu jalannya lalu lintas, para pemuda jombang ini menyebar di sekitar perempatan kebonrojo. Dengan menggunakan dresscode  berwarna merah, mereka sangat bersemangat dalam aksinya. Sebagian ada yang memaparkan poster bertuliskan “save aleppo”, “aleppo is burning”, “save aleppo suriah” dan berbagai macam poster pendukung lainya, sebagian lagi membawa kardus sederhana untuk penggalangan dana. Antusias masyarakat jombang pun sangat baik dalam mendukung aksi tersebut. Para pengguna jalan yang belum mengetahui mengenai aleppo tak sungkan untuk bertanya dan memberikan donasinya. Dan allhamdulilah aksi yang berlangsung mulai pukul 15.00 sampai 17.00 ini berjalan dengan lancar dan sukses.

Aksi pemuda jombang dalam penggalangan dana ini sungguh sangat menggugah hati banyak orang, bagaimana tidak, situasi aman dan nyaman di kota jombang tak membuat mereka melalaikan saudara-saudara mereka yang sedang dalam kesulitan di aleppo. Mereka tak hanya diam melihat, tapi mereka berAKSI secara langsung. Semangat mereka tinggi untuk menyelamatkan ribuan warga dan anak-anak aleppo agar tidak kehilangan masa depan mereka. Semangat untuk peduli dan sangat menginspirasi. Aksi kecil yang sangat berguna untuk mereka di Aleppo. #AleppoIsBurning #SaveAleppo #IniBukanHollywood #IniAleppo #AyoAKSI. -TAR-

No comments:

Post a Comment