Friday, November 25, 2016

Cerpen setengah jalan


                Bulan ini lagi banyak banget lomba menulis cerpen gitu. Rencana saya mau ikut lomba, selain buat melatih ilmu menulis yang masih kocar-kacir nggak jelas ini, hadiahnya juga menggiurkan loh. Ada yang liburan ke Bandung, Aceh, smartphone ketceh, sampai buku launcing gaessss *Eh.

                So, urusan nulis curhatan galau dan keluh kesah di blog ditunda dulu deh, hehe. Niatnya waktu yang biasanya buat nulis di blog, digunakan buat nulis cerpen buat lomba. Makhlum management waktunya masih keteteran, jadi belum bisa nentuin waktu nulis yang pas selain malam hari. Alamat waktu tidur berkurang, bangun pagi gedandapan.

                Hari pertama nulis satu cerpen dengan tema “Mimpi”. Awalnya udah kepikiran buat nulis cerita yang agak termehek-mehek. Karakter dan alurnya udah dapet, mulai deh nulis. Dua tiga hari, nulis satu lembar kok nggak rampung-rampung yah. Sampai satu minggu berlalu, ini satu lembar kok nggak kelar-kelar sih? Ini mau cerita apa sih ? kok ujug-ujug gini? Loh kok mbulet sih? Lah loh ? *plaaak!

                Oke, karena pusing dengan cerpen buat lomba yang ini, pindah deh coba buat cerpen buat lomba yang lain. Temanya asyik juga nih, hijrah menjadi lebih baik. Ah, keknya lancar deh nulis ini, teman-teman sering curhat tentang kegalauan pas hijrah. Termasuk saya juga mengalaminya, hihihi.

                Mulai nulis paragraf pertama, lancaaaaar.
                Paragraf kedua, asyik nih dapet idenya. Pengenalan konflik masuk.
                Paragraf ketiga, nih mulai masuk konfliknya.
                Paragraf keempat, habis ini apa lagi ya? Loh, kok blank?
                Mulai deh mampet! 

Refresh fikiran dulu deh. Buka pesbuk sama youtube, kali ajah nemu ide. Stalker dulu ah chanel faforit. Luuuuh ada video baru, ih lihat ah!

%^*IO((*^&%$#@!#%^&*(O)))((**^%$#@#!@@#$^*()_”:L:>>:{((*&^%#@!!!#$%**&

SATU JAM KEMUDIAN.
                Wah keren banget videonya, inspiratif sekali. Mana abang-abang aktornya cakep-cakep, meleleh deh... (mimpi dulu ketemu aktor faforit terus minta tanda-tangan dan foto bareng). Play lagi aaah... 

LOOOOH, CERPEN, MANA CERPEN TADI?? 

!#$^((&$&*($&**()(@*()_P:"?:>?%@!@#%^&*(*(*^^#))()(

                Alamat kedua kalinya, cerpen mangkring di tengah jalan. Entah kemana nasibnya berlabuh, yang jelas ide saya mogok. Ide itu datang dan pergi sesuka hatinya, ah kek dia yang suka PHP ajah *Looohh.

                Entah kapan cerpen saya rampung, yang jelas saya butuh recharge ide buat bisa semangat nulis lagi. Makanya akhir-akhir ini lagi istiqomah banget cari-cari buku bacaan buat dapat ide. Biar idenya ngalir terus gituuuu, nggak setengah jalan, hehe.


                Perjuangan menulis itu memang nggak instan, istiqomahnya kudu dijaga terus. Semoga para penulis pemula seperti saya nih, bisa tetap istiqomah menulis. Karena saya percaya menulis itu bukan passion, tapi kerja keras. Kata Bunda Umi, harus berdarah-darah dulu. Setuju?

No comments:

Post a Comment