Tuesday, November 8, 2016

“Man Shabara Zhafira – siapa yang bersabar akan beruntung”


            Ketika mata masih terbuka setiap pagi adalah hal pertama yang harus disyukuri. Mendengar adzan subuh, menghirup udara bersih belum tercampur polusi, melihat sinar matahari yang masih malu-malu untuk terbit, dan masih bersama keluarga yang selalu menyayangi. Allhamdulilah.

            Pagi adalah berkah. Do’a indah terlantun untuk menjadi pribadi lebih baik lagi dari hari-hari sebelumnya.  Berharap akan ada perubahan yang lebih baik yang dimulai di pagi hari. Harapan yang disertai semangat seiring terbitnya sang mentari. Berbaur bersama jadwal kegiatan yang sudah menanti. Baca bissmilah dan mari beraksi!

            Okeh, sedikit cerita saya setiap pagi. Dimulai sejak pertama kali adek Ima masuk sekolah tingkat PAUD, sekitar tiga tahun yang lalu. Ceritanya dek Ima ini nguji kesabaran banget pas pagi hari. Ibuk repot dengan segala macam kegiatan masak-memasak untuk sarapan, bapak repot bantu ibuk masak air pake kayu bakar (makhlum ibuk nggak tawar air isi ulang, hehehe), sedangkan si dek Nisa yang udah SMP repot sendiri dengan persiapan sekolahnya. So, saya lah yang “katanya” paling nganggur setiap pagi. Jam masuk kuliah pukul delapan, jadi lah saya dapet tugas urus keperluan dek Ima yang masih kelas dua MI terlebih dahulu.

            Awalnya enjoy lah ngurus mandi, nyiapin baju, makan, sampai nganter ke sekolah  dek Ima waktu PAUD dulu, masih unyu-unyu dan belum terlalu banyak tingkah. Setelah selesai mandi lalu bantu ganti baju, nyuapin makan, pasangin jilbab, bantu pakai kaos kaki dan sepatu, nganter sampe sekolah pamitan lalu cium tangan, “belajar yang rajin yaa, nurut Ibu Guru” *Udah kayak bunda-bunda muda nganter anaknya sekolah gitu, hehehe.

            Itu dulu loh ya, jaman purbakala ketika dek Ima masih unyu-unyu sekali (muaaaah). Beda ceritanya dengan jaman setelah kemerdekaan Indonesia Raya saat ini, dia super menyebalkan setiap pagi. Sebenarnya saya malas untuk menceritakannya, tapi blog sudah terlihat angker lagi, yaudah lanjut cerita lagi, hihihi.

Dek Ima yang dulu masih unyu-unyuu :*

            Sekarang adek udah super duper bandel banget, buangeeet wis. Dimulai dari susah sekali untuk bangun tidur. Dibangunin mulai pukul lima, bangunnya pukul enam lebih. Dari mulai ibuk belanja sampai sarapan siap, dia masih asyik molor (hoaaam). Lalu, mandi, udah telat bangun, mandi pun masih sempet nyanyi! Jadilah saya tidur lagi sampai ngiler-ngiler nungguin dia mandi (Arrrrggg).

Dek Ima yang sekarang yang super buandel.

Ketiga, ganti baju. Ada ajah alasannya waktu ganti baju, yang roknya kelonggaran lah, bajunya lecek lah, ikat pinggangnya kekencangan lah, dan beragam ‘lah’ ‘lah’ yang lainnya. Keempat, sarapan pagi. Adek itu lucu, suatu hari dia berkata “Mbak , aku suka sarapan lauk tumis kangkung gini, enak”,hari selanjutnya dia bisa mengubah perkataan seperti ini “Aku nggak mau makan, tumis kangkung pahit!” (lalu kemarin yang bilang suka tumis kangkung siapa? Yang amnesia dia atau saya sih?).

            Dan yang terakhir ini yang paling nguji kesabaran. Mandi, ganti baju, sarapan, pake jilbab, BERES.
“yuk berangkat dek.”
“loh, botol minumku mana, mbak?”
“oh, iya lupa. Mbak ambilin, bentar.”
Naruh botol minum di tas “sudah siap, yuk”
“loh, suruh bawa peralatan –jdsagdjhgbdhsbahdhuysadj- buat gambar, mbak.”
“kok nggak bilang dari kemarin sih, dek? Ah, udah siang nih. Yaudah mbak ambilin bentar.”
“udah nih. Yuk berangkat, telat loh,” Geram gemas.
“mbak, pensilku hilang kemarin. Nanti aku nulis pake apa?”
“Ya Alloh, adek. Yaudah wis nanti beli di jalan, ribet banget sih,” semakin gemassssssszz.
“enggeh,”jawabnya bete’ (seharusnya saya yang bete’ -_-).  “Eh, mbak. Kan belum...”
“Apaa lagiiiii??” gemaaaaaaaasssssszz parah.
“belum pamit Buk Pa (panggilan untuk ibuk), mbak,”
“yaudah pamit, deh cepet!”
           
            Baiklah, cerita kesibukan saya di pagi hari dari situ saja. Yang jelas, setiap pagi adalah latihan kesabaran untuk saya. Merawat anak kecil itu asyik, repot dan harus sabar. Terkadang, saya bisa sangat-sangat sabar, sering juga masih kurang sabar. Sedikit pelajaran saya untuk merawat anak kecil beberapa tahun lagi (ciyeee, jodoh ajah belom ketemu -_-) adalah, anak kecil itu manja dan masih belajar. Membantunya untuk memulai disetiap aktifitas akan membuatnya belajar mandiri, bukan sepenuhnya menyiapkan. Lama untuk saya, tapi baik untuk kepribadian si anak.

“Man Shabara Zhafira – siapa yang bersabar akan beruntung”. Semoga pelajaran sabar akan selalu saya dapatkan dari mana saja. Karena saya percaya, sabar itu dicintai Allah. Hamasah!


No comments:

Post a Comment